Tips Persiapan Pertama Kali ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri untuk pertama kali sering kali menjadi hal yang menakutkan. Tenang, perjalanan akan lancar jika Anda mempersiapkan segala perlengkapan dengan matang. Hal-hal berikutlah yang wajib ada dalam ransel Anda.

 

FirstEuroCities_nadhfj Tips Persiapan Pertama Kali ke Luar Negeri Tips and Tricks Tips Travelling Travel

Sebelum jalan-jalan, ada catatan panjang berisi apa saja yang harus dilakukan. Catatan yang penting terutama bagi yang baru pertama kali bepergian jauh, bahkan sampai ke luar negeri. Persiapan yang penting akan mengurangi risiko perjalanan menjadi gatot, alias gagal total!

Persiapan yang harus dilakukan, dilansir dari TravelZoo, antara lain mengecek kesehatan diri, mencari tahu jika ada vaksin tertentu yang dibutuhkan di negara tujuan, serta tidak lupa untuk membawa obat-obatan khusus yang harus kita konsumsi dalam keadaan tertentu. Cek juga apakah polis asuransi kesehatan kita dapat digunakan di negara tujuan, jaga-jaga untuk keadaan darurat. Buatlah salinan paspor, untuk pegangan dalam mengurus dokumen jika paspor kita hilang di negeri orang. Tinggalkan juga salinan paspor di orang-orang terpercaya, dan buat salinan paspor dalam bentuk soft copy di email atau cloud yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Pelajari konversi mata uang negara tujuan, dan biaya hidup standar di sana. Tentu saja untuk menentukan budgeting sebelum kita berangkat liburan. Pastikan kartu kredit kita bisa digunakan di negara tujuan. Tapi juga selalu pegang uang tunai, karena tidak semua tempat menerima kartu kredit.

 

1382766859205293716_rcftje Tips Persiapan Pertama Kali ke Luar Negeri Tips and Tricks Tips Travelling Travel

Untuk yang terakhir, hubungi bank dan penyedia kartu kredit kita sebelum berangkat. Mereka bisa mengira transaksi yang kita lakukan di negara lain merupakan penipuan, dan fatalnya, malah akan memblokir rekening dan kartu kita. Cek jika ada biaya khusus untuk memasuki dan meninggalkan negara tujuan. Biaya ini berlaku di luar harga tiket penerbangan.

Baca juga:   Tidak Gentar Berlibur ke Negara Bersalju

Beli tiket tempat-tempat yang ingin didatangi sebelum berangkat. Jadi tidak perlu mengantri lagi setelah sampai di sana, sehingga kita mendapatkan waktu yang lebih banyak untuk menikmati atraksi yang ditawarkan. Banyak juga paket lebih murah atau dengan benefit tertentu yang ditawarkan untuk pembelian tiket di depan. Tapi Traveller mengingatkan, bahwa jangan melaukan terlalu banyak pemesanan di depan. Karena nanti kita akan menyadari kalau kita juga memerlukan fleksibilitas. Pesan di depan hanya untuk sesuatu yang besar dan penting. Sisakan sedikit keluwesan dalam menghabiskan waktu liburan, karena terkadang ada kesempatan yang muncul secara tidak terduga. Tidak lucu kan kalau kita jadi tidak bisa mengunjungi tempat menarik yang tiba-tiba dibuka karena sudah ada kegiatan lain yang menunggu dan tidak bisa ditangguhkan waktunya.

 

wisata_eqt4ld Tips Persiapan Pertama Kali ke Luar Negeri Tips and Tricks Tips Travelling Travel

Cari tahu tradisi dan makanan khas negara tujuan. Selain pemandangan dan gedung bersejarah, acara tahunan dan makanan khas juga bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan di negara orang. Cari tahu juga jenis penipuan turis yang marak di sana, untuk melindungi diri kita selama berjalan-jalan, tentunya!

Bawa charger adapter dan cek berapa tegangan alat elektronik yang akan kita bawa. Ketahui bahwa tiap negara memiliki colokan dan tegangan listrik yang berbeda-beda. Bawa barang secukupnya, karena kita juga akan berbelanja di tempat tujuan. Terakhir, sisihkan sedikit uang untuk mengambil polis asuransi. Kita akan sangat bersyukur setelahnya saat mengalami musibah tidak terduga selama perjalanan. Selamat liburan!

Baca juga:   Mari Traveling Dengan Kereta