Persiapan Pergi Jauh di Atas Roda Empat

travel%20car Persiapan Pergi Jauh di Atas Roda Empat Tips Travelling Travel Travel Guides
Travel dengan mobil – Letstravel.co

Bepergian jauh tidak hanya bisa ditempuh oleh pesawat atau kereta api. Kehabisan tiket seringkali membuat kita mencari alternatif transportasi, dan mobil adalah pilihan yang bagus. Keistimewaan berpergian dengan mobil pribadi yang paling utama adalah kita bebas membawa banyak barang, kerena tidak ada batasan seperti berat kabin pesawat dan tidak perlu repot mengangkat atau mendorong sepanjang gerbong kereta karena tinggal dimuat saja ke dalam mobil yang akan kita tumpangi.

Bepergian dengan mobil juga akan terasa lebih santai, karena kita lebih leluasa mengatur waktu. Jam berangkat, waktunya singgah di tempat makan, dan lainnya. Karena itu hal utama yang kita lakukan adalah merencanakan rute yang akan dilewati. Menurut MakeUseOf rute berkendara dengan mobil akan ditentukan oleh preferensi pribadi dan prioritas, yang akan menentukan budget uang yang akan dihabiskan, pemandangan di pinggir jalan yang ingin dinikmati, dan secepat apa ingin mencapai tujuan.

check%20car Persiapan Pergi Jauh di Atas Roda Empat Tips Travelling Travel Travel Guides
Periksa kendaraan – blog.automart

Lalu yang paling penting sebelum berangkat adalah mengecek keadaan mobil. The Automobile Association menyebutkan bahwa ban mobil harus dalam kondisi bagus dan memiliki tekanan yang sesuai, termasuk ban cadangan, serta alat ganti ban jangan sampai ketinggalan. Cek juga oli dan air pendingin mesin. Menurut Safedrivingforlife kaca depan dan kaca jendela pintu mobil harus bersih dan jernih, agar tidak sampai mengganggu pandangan pengemudi. Jika mendengar bebunyian yang tidak wajar, seperti getaran atau ketukan dari arah setir atau suspensi mobil, setir yang terasa berat, rem yang terasa kendur, maka segera bawalah mobil ke bengkel untuk pengecekan. Rem dan lampu mobil, termasuk lampu indikator, juga harus dapat bekerja dengan baik untuk sepanjang perjalanan.

Baca juga:   Tempat referensi terbaik Menikmati Malam di Dubai

SafeTravel menyarankan pengemudi mobil agar tetap santai dan tenang. Karena itu lakukan persiapan dengan seksama sehingga tidak mengacaukan pikiran selama perjalanan. Pengemudi harus tetap segar, dengan cara beristirahat setiap beberapa jam menyetir. Hindari makanan berat dan alkohol yang bisa memberatkan tubuh. Tanda-tanda pengemudi butuh beristirahat adalah ketika menguap, otot terasa kaku, kelopak mata berat, bahkan ada pengemudi yang sampai bengong saat menyetir. Jika sudah lelah, tidurlah selama 15 menit atau mengosumsi kopi atau minuman berenergi. Menyalakan musik secara kencang juga mampu mengusir lelah dan kantuk.