Mengatasi Sulit Tidur di Tempat Tujuan

sleep%20mask Mengatasi Sulit Tidur di Tempat Tujuan Beauty LifeStyle Tips Travelling Travel
Masker tidur – Bestbuy

Orang dewasa membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur untuk dapat beraktifitas secara optimal di keesokan harinya. Tapi beberapa orang bisa berfungsi dengan baik hanya enam jam tidur, menurut ucapan Sudhansu Chokroverty, MD, professor dan co-chair dari neurology dan program director untuk clinical neurophysiology dan sleep medicine di the New Jersey Neuroscience Institute, kepada WebMD. Tapi lebih baik tidak mematok diri kita untuk tidur lebih sedikit dari yang, karena kemampuan setiap orang berbeda. Sayangnya, upaya untuk itu terkadang memiliki hambatan terutama saat sedang melakukan perjalanan.

Kita terkadang sulit untuk tidur di dalam hotel atau tempat menginap lainnya. Sebuah studi baru dalam Current Biology yang dimuat di Smithsonian Magazine mengungkapkan bahwa satu sisi dari otak kita memilih untuk tidak tidur, menyerupai kerja otak pada lumba-lumba, karena sedang waspada akan potensi bahaya di tempat baru. Selain harus menghadapi tempat dan lingkungan baru, selama perjalanan tubuh kita juga bisa mengalami jet lag, yaitu ketidakkeseimbangan jam biologis alami dalam tubuh karena bepergian antar zona waktu yang berbeda. Saat bepergian, circadian rhythms dari tubuh kita lama untuk menyesuaikan karena tetap bekerja mengikuti jadwal bilogis asal tempat kita berada. Akibatnya, tubuh kita bisa meminta tidur di siang hari di tempat baru hanya karena saat itu malam hari di tempat asal kita berada.

Baca juga:   Tips Bekal untuk di Kabin Pesawat
wanita%20tidur Mengatasi Sulit Tidur di Tempat Tujuan Beauty LifeStyle Tips Travelling Travel
Wanita tidur – bestbuy

Setelah mengetahui cara kerja otak yang demikian, kita bisa lebih melakukan antisipasi, misalnya dengan membuat tempat baru senyaman rumah, seperti Emily Smith dari The Best of this Life yang membawa bantal kesukaan dan lilin aroma vanila yang mengingatkannya akan rumah. Lebih baik kita juga memberikan jeda waktu bagi tubuh kita untuk beradaptasi sebelum bisa menjalankan agenda dengan optimal di tempat tujuan. Sleep Foundation melarang kita untuk mengonsumsi alkohol dan kafein, paling tidak tiga sampai empat jam sebelum waktu tidur, karena kedua zat itu bersifat stimulan dan mencegah tidur. Hindari makanan dan olah tubuh yang berat. Bawa penutup telinga dan mata untuk membuat tidur lebih nyaman.