by

♫ Tips dan Hal Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Manajer Band ( Update )

Urbanoir.net – Keberhasilan seorang artis/sebuah band tak lepas dari peran manajer. Selain artisnya sendiri, boleh dibilang manajer punya peranan penting dibalik kesuksesan artisnya. Kolaborasi yang baik antara manajer dan artis akan menghasilkan jualan yang bagus. Manajer memikirkan strategi (imej, promosi, networking, bisnis, dll) sementara artis memikirkan sisi kreatifitas (membuat lagu, penampilan, karakter dll).

Eforia industri musik dekade belakangan ini melahirkan banyak artis. Keberadaan para artis ini tentunya juga membuka lowongan pekerjaan buat artis manajer. Makanya tak heran kebutuhan akan artis manajer menjadi membludak. Makanya tak heran kalau satu manajer (termasuk artis manajemen) bisa menaungi banyak artis.  Karena memang tak banyak, (atau belum banyak) orang yang terjun dan berhasil sebagai manajer artis.

 Apa itu manajemen band?

Rock Band 4 Celebrates
Rock Band 4 Celebrates

 

Adalah sebuah organisasi yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan band, seperti kontak artis, promosi artis, equipment artis, dll. Manajemen Band dapat disebut sebagai organisasi karena didalamnya terdapat susunan/ hierarki jabatan atau job deskripsi tertentu pada setiap orang yang bergabung dalam manajemen tersebut. Adapun beberapa susunan jabatan dan Job Deskripsinya adalah:

  1. Head Manajer : Orang yang bertugas merancang, mengatur, dan melaksanakan rencana ke depan sebuah band, dan bertanggung jawab terhadap band tersebut.
  2. Road Manajer : Orang yang bertugas membantu head manajer, mengatur ketika berada di lapangan / sebuah event.dan bertanggung jawab terhadap kelancaran dan kebutuhan artis ketika melakukan sebuah pentas.
  3. Stage Manager : Orang yang mengatur segala sesuatu kebutuhan artis ketika akan pentas di panggung, dan juga bertanggung jawab pada kelancaran jalannya pentas artis dipanggung dan dibantu oleh crew equipment.
  4. Crew Equipment : Orang yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu peralatan yang digunakan oleh player band, jumlah crew tergantung banyaknya equipment yang digunakan artis.
  5. Sound Engginer : Orang yang bertugas mengatur harmonisasi sound system yang dihasilkan oleh band pada sound out panggung, maupun sound out utama. Sound engginer standartnya ada dua yaitu sound system panggung, dan sound system utama.
  6. Dokumentasi : Orang yang bertanggung terhadap dokumentasi band.

Susunan diatas merupakan adalah susunan minimal dari sebuah manajemen band. Susunan akan bertambah jika intensitas manggung band semakin tinggi dan semakin terkenal, dan juga job deskripsi juga semakin banyak.

 

Berikut Tips menjadi manager band yang bisa membuat sebuah band sukses!

green-day-lego-stuff
green day lego stuff

 

1. Komunikasi yang baik

Kalau kamu berminat ingin menjadi manager band, skill dasar yang harus dilatih adalah kemampuan berkomunikasi. Tidak hanya mengurusi keperluan anak band, seorang manager band dituntut untuk menciptakan peluang-peluang kegiatan offline seperti manggung dan terlibat dalam sebuah kerjasama iklan atau event. Untuk mendapatkan peluang tersebut tentu seorang manager harus memiliki link pertemanan yang luas dan teknik negosiasi yang bagus.

2. Pintar mengatur waktu

Manager memastikan semua jadwal, kerjaan sampai masalah dapat terselesaikan dengan baik. Jika terjadi krisis atau konflik dalam band ia bisa menjadi pemberi solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Tidak hanya itu, seorang manager juga harus memastikan interview, konser, soundchecksload in apapun yang menjadi keperluan band berjalan dengan baik. Untuk urusan jadwal kadang manager band harus “berperang” dengan si artisnya sendiri, karena tidak bisa dipungkiri urusan waktu sering kali molor atau kadang malah si artis mangkir dengan alasan urusan pribadi. Nah, tugas manager lah yang memastikan semuanya berjalan sesuai jadwal.

3. Mengerti industri musik

Sekarang mungkin kalian tidak merasa punya kemampuan atau pemahaman tentang industri musik. Tapi kalau kalian serius ingin menjadi manager band kalian bisa memulainya dengan pengetahuan musik yang cukup. Karena untuk bisa mengerti dan memahami industri musik secara baik adalah dengan terjun langsung ke industrinya.

Jangan malas belajar dan malu bertanya kepada orang-orang yang lebih berpengalaman di bidangnya. Apalagi di era digital sekarang ini kita bisa “berguru” dari materi-materi yang ada di internet. Ingat ketidaktahuan bisa terus dikurangi dengan belajar.

4. Multitasking

Seorang manager dituntut bisa melakukan semua kegiatan dalam satu waktu secara benar. Untuk itu fokus dibutuhkan banget di sini. Misalnya follow-up label rekaman, atur jadwal ketemu media cetak dan elektronik, dan booking studio untuk anak band latihan.

Masing-masing manager pasti punya caranya sendiri menaklukan hari-hari hectic-nya. Kalau kamu sekarang merasa tidak bisa multitasking tapi pengen banget jadi manager band, bisa kok dilatih dengan cara-cara sederhana seperti mencatat semua agenda-agenda penting dan memasang alarm pengingat. Jadi tidak ada jadwal yang kelewat.

5. Bersikap netral

Di dalam sebuah band pasti ada perbedaan-perbedaan yang memicu pertengkaran kecil sampai pertengkaran besar. Sebagai manager, tugas kamu adalah tidak terjebak diantara yang bertengkar. Kamu harus memposisikan dirimu sebagai seorang yang netral, karena kembali lagi tugas kamu adalah membuat semua berjalan dengan semestinya. Jika kamu memiliki “anak kesayangan” dari salah satu personel band akan sangat tidak baik untuk profesionalitas kerja. Seorang manager band harus membuang jauh perasaan-perasaan personal dari masalah internal yang sering terjadi dalam band.

Berikut 20 Topik Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Manajer Band

Lego-Queen
Lego Queen
  1. Musik dan penulisan lagu (memahami musik dan penulkisan lagu akan berpengaruh pada passion. Lebih spesifik adalah seorang manajer harus memahami lagu dari artisnya sendiri)
  2. Hak cipta (memahami undang-undang/aturan tentang hak cipta penting sebagai bekal)
  3. Royalti (wajib memahami aturan dalam hal royalti karena akan berpengaruh pada pendapatan artisnya)
  4. Pajak (memahami pajak juga berpengaruh pada keuangan artisnya)
  5. Program kesehatan, (kesibukan dan kerja keras artis rentan dengan penyakit. Maka program kesehatan harus dipahami manajer)
  6. Program pensiun, (artis tak selamanya bisa menghasilkan, maka program hari tua harus dipikirkan seorang manajer)
  7. Asuransi (untuk asuransi jiwa sama dengan program pensiun. Manajer sebaiknya memahami asuransi perjalanan, serta alat-alat pertunjukan yang rata-rata berharga mahal)
  8. Manajemen keuangan/investasi, (ini hal penting dalam urusan bisnis. Keuangan yang baik serta investasi yang benar akan menguntungkan buat artisnya)
  9. Legalitas kontrak (wajib mengerti hal-hal yang menyangkut kontrak. Karena manajer akan selalu berhubungan dengan hal ini)
  10. Publishing, (Wajib dipahami karena lagu akan selalu berurusan dengan publishing.
  11. Akuntansi (pembukuan yang baik akan mudah mengontrol keuangan)
  12. Jebakan dalam kontrak rekaman (banyak trik yang digunakan oleh perusahaan rekaman ketika menggaet artis. Manajer harus paham trik-trik itu agar bisa menyelamatkan artisnya)
  13. Merek dagang (memahami ini akan bermanfaat buat masa depan artisnya terhindar dari hal-hal hukum menyangkut nama band dll)
  14. Booking agen, (ini salah satu hal penting. Karena menghadapi agent tak hanya sekadar kontrak pekerjaan, tapi juga tentang networking dll)
  15. Studio (segala hal tentang studio harus dipahami. Mungkin tak harus mendalami secara tehnis tapi setidaknya bisa memberi masukan ketika artisnya memerlukan)
  16. Penguasaan dasar alat musik (memehami dasar dari apa yang kita kerjakan adalah penting)
  17. Merchandise (memahami seluk beluk pembuatan serta penjualan. Juga inovasi)
  18. Media Promosi (ini juga hal terpenting karena promosi yang baik akan membuat artisnya dikenal luas. Manajer wajib kenal dengan semua orang media)
  19. Pengembangan imej (penting memahami ini karena imej artis sangat erat kaitan dengan segmentasi dan ujung-ujungnya penjualan)
  20. Penampilan panggung, termasuk fashion (memahami ini agar bisa memberi masukan dan menilai seberapa hebat penampilan panggung artsinya. Manajer harus up to date)

 

Hal-Hal lain juga perlu di perhatikan adalah:

Assistant Promotor

lego-iconic-bands
lego iconic bands ( No Doubt )

Apa itu Assistant Promotor

Kerjaan Promotor biasanya terfokus di aspek-aspek dalam bisnis seni, dalam hal ini tentunya seni dalam bentuk musik : Disini fungsi Assistant Promotor adalah membantu promotor dalam segala aspek pekerjaan seperti dalam bidang marketing dan melakukan kegiatan korespondensi, tawar-menawar honor, penandatanganan kontrak, menjalin kerja sama dengan sponsor, dan sejumlah pekerjaan lainnya yang sudah harus dimulai beberapa bulan sebelum acara sebenarnya berlangsung.

Negosiasi

Well secara nggak langsung Assisten promotor membantu promotor juga dalam proses negosiasi yang didalamnya menyangkut kontrak kerja dan bisnis. Apalagi kalau yang udah berhubungan dengan Venue. Nemuin venue yang tepat untuk menggelar festival/konser bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi kalau di daerah. Karena memang nggak banyak tempat di Indonesia yang cocok untuk pagelaran musik besar. Selain itu juga harus bisa mendapatkan peralatan dan perlengkapan pertunjukan yang sesuai dengan keinginan artis. Sering terjadi promotor harus menghubungi perusahaan penyedia (biasa disebut supplier) peralatan dan perlengkapan panggung di luar negeri.

Finansial

Promotor meng-cover biaya pelaksanaan konser. Kadang kala promotor mendapatkan uang untuk mengadakan festival dengan mencari pihak lain untuk bagi hasil (share the profit). Tapi sering juga pihak promotor ini berdiri sendiri dan mengambil keuntungan dari tiket dan sebagainya.

Manajemen

Promotor memanajemen detail dari tour dan performance kelangsungan acara yang dipegangnya

Pengalaman

Vital untuk seorang assistant promotor punya basic yang kuat dalam masalah sales. Pengalaman sales apapun bisa berguna, terutama soal masalah pitching proyek. Pengalaman yang berkaitan sama industri musik juga penting, terutama dalam hal promosi. Assistant Promotor yang oke harus punya kemampuan komunikasi verbal yang bagus, persuasif dan socially outgoing.

Mengetahui dan Memahami Bandnya

Seorang manager harus mengetahui segala sesuatu tentang bandnya, apa kekurangannya dan apa kelebihannya. Manager harus mampu mencari jalan keluar untuk mengurangi kekurangan dan memanfaatkan kelebihan yang ada, dan kemudian mengolahnya hingga menjadikan band tersebut berkualitas.

Mendapatkan Event / Gig

Sebuah band yang tidak mempunyai jadwal panggung jangan berharap baskemnya bisa dipenuhi para fans, akun grup facebooknya di “like” oleh banyak orang, akun twitternya di follow oleh para penikmat musik, atau mungkin berharap bisa terkenal dari kecanggihan teknologi internet saat ini. Penonton pasti menginginkan bukti dari penampilan live kalian. Seorang manager harus mempunyai koneksi dan berteman baik dengan promotor, EO, pengelola tempat biasanya diadakannya acara, atau koneksi lain yang bisa membantu kemajuan band.

Mengurus Pembukuan

Faktor bayaran bisa menjadi hal yang sensitif untuk dibicarakan. Saat ini banyak band bagus yang mau manggung demi sebotol air mineral dan snack yang diberikan panitia, strategi itu mungkin bagus untuk promosi awal namun jangan sampai band kamu jadi band seharga air mineral. Seorang manager harus tahu berapa harga bandnya dan harus bisa menjadi negosiator yang ulung. Dari Bayaran yang didapat, manager harus bisa mengelola keuangan untuk promosi, merchandise dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan kemajuan band.

Pemasaran dan Promosi

Uang yang didapatkan dari manggung harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh manager. Salah satu kebutuhan yang paling penting adalah untuk pemasaran dan promosi. Mungkin dengan membagikan stiker, kaos, ataupun CD album bisa menjadi media yang efektif, selain itu media internet seperti facebook, twitter, Myspace dan lain-lain juga bisa dimanfaatkan oleh manager untuk memasarkan dan mempromosikan bandnya.

 

Menjalin Koneksi Dengan Orang-orang Penting

Berkoneksi dengan orang-orang penting adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah band. Seorang manager yang baik selalu mencari peluang untuk mencari koneksi untuk mempromosikan band-nya. Misalnya jika seorang manager mempunyai teman yang bertanggung jawab di sebuah organisasi/perusahaan dan dia bisa mengatur sebuah pertunjukan musik dengan imbalan yang sesuai, maka seorang manager harus tahu bagaimana cara bersahabat yang baik dengan koneksinya.

Menjaga Perdamaian dan Kestabilan

Manager juga mempunyai tanggung jawab yang cukup berat diluar jobdes (job description) wajibnya, yaitu menjaga perdamaian dalam band dan management-nya. Seorang manager harus bisa menjadi wasit di sebuah perselisihan besar ataupun kecil, selalu menjaga energi postif dan mampunyai solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada agar perjalanan menuju kesuksesan tidak terhambat.

 

Baca Juga