tentang multimedia: Apa sih multimedia itu?

22cf4-hub-multimedia-prod-multimeda-broadcast tentang multimedia: Apa sih multimedia itu? Blogging Musik

Sering kita mendengar istilah multimedia dalam beberapa tahun belakangan ini. Istilah ini semakin populer bersamaan dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, serta penggunaan komputer dan internet di seluruh dunia. Pengertian multimedia sendiri memiliki beragam versi dan sudut pandang. Terbentuk dari kata multi dan media, yang mana sangat mudah di[salah]artikan, diterapkan dan digunakan dalam berbagai bahasa dan tema pembicaraan. Salah satu pengertian yang saya jadikan acuan dalam pembicaraan kita kali ini saya ambil dari wikipedia, yaitu “Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi “.’

maxresdefault tentang multimedia: Apa sih multimedia itu? Blogging Musik

Penggabungan berbagai media menjadi satu untuk satu tujuan, yaitu komunikasi. Semakin banyak media yang terlibat, maka akan semakin multimedia. Ketika multimedia menjelma sebagai sebuah teknologi, maka ide untuk membuat sebuah alat yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut terwujud dalam sesuatu yang dinamakan komputer. Komputer sebagai sebuah teknologi untuk menyampaikan informasi dalam wujud multimedia sudah bukan hal baru. Multimedia telah digunakan pula dalam berbagai bidang. Mulai dari dunia hiburan, pendidikan, seni, bisnis dan lain-lain. Hal yang paling menonjol dari multimedia adalah interaktifitas dengan pengguna. Metode penyampaian informasi oleh sumber informasi, dengan tanpa melibatkan pihak penerima informasi secara aktif sudah tidak efektif dan mulai ditinggalkan.
Teknologi game atau permainan komputer adalah salah satu contoh produk multimedia yang paling berhasil, dalam artian yang positif. Karakter dan cerita yang ingin disampaikan oleh si pembuat dapat melekat kuat di benak para pecinta game, karena mereka dilibatkan secara aktif. Hal inilah agaknya yang dicontoh oleh produk multimedia yang lain. Dalam dunia bisnis misalkan, seorang direktur perusahaan akan lebih nyaman bila staff salesnya melaporkan hasil keuntungan penjualan produknya tahun ini dalam bentuk Power point yang berisi grafik dan gambar bergerak serta ada sedikit efek suara, dibanding setumpuk kertas berisi angka-angka dengan huruf kecil-kecil yang sangat tidak kompatibel dengan mata tuanya.
Dalam proses pembuatan sebuah produk multimedia, komputer hanyalah alat bantu. Alat bantu yang tidak tergantikan. Maksudnya, manusia tetaplah komponen paling utama dan menentukan, walaupun kita akan sangat sulit tanpa komputer. Ide dan kreatifitas memerlukan sebuah proses. Hal inilah yang masih tidak dipahami oleh banyak pihak. Komputer tidak melakukan semuanya sendiri, begitu juga manusia. Dengan komputer kita bisa melakukan banyak hal sendiri dengan waktu yang singkat, tetapi akan lebih efisien bila banyak manusia yang terlibat dalam sebuah proses. Pembuatan sebuah produk multimedia dapat kita lakukan sendiri atau dalam sebuah tim, bergantung kepada informasi yang ingin disampaikan, waktu serta biaya yang tersedia. Semakin banyak informasi yang akan disampaikan, maka semakin banyak data yang harus dikumpulkan dan diolah.
Apa saja proses yang diperlukan dalam pembuatan sebuah produk multimedia? Apa saya membutuhkan orang lain? Berapa lama waktu yang kita perlukan? produk apa saja yang dapat kita buat?
Baca juga:   Serangan Siber Ransomware , pemerintah meminta masyarakat Indonesia tenang