7 Tips dan Cara Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa

7 Tips agar terhindar dari Dehidrasi Selama Berpuasa

Tentu saja saat berpuasa anda harus dapat menahan haus dan lapar. Di cuaca panas yang ekstrem seperti sekarang ini, berpuasa tentunya akan lebih sulit daripada yang biasa anda jalankan. Resiko cepat dehidrasi sangatlah besar, mengingat cuaca panas yang dengan cepat menguapkan ion dalam tubuh anda.

Tubuh manusia tersusun atas zat cair. Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga agar tubuh mendapat asupan air yang cukup.

Oleh karena itu, terkadang kita merasakan dehidrasi ketika kita puasa. Lalu bagaimana cara menghindari dehidrasi saat puasa? Inilah tips menghindari dehidrasi saat puasa.

1. Konsisten dengan 8 Gelas Setiap Hari

Bedasarkan penelitian, manusia disarankan untuk meminum air putih sebanyak 2,5 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air mineral per hari. . Asupan cairan ini bisa melalui air mineral, buah-buahan yang mengandung cairan, atau makanan berkuah. Usahakan agar saat sahur, Anda mencicil beberapa gelas, bisa 3 – 4 gelas (tetapi tidak langsung sekali minum). Demikian juga saat berbuka puasa. Jumlah 8 gelas bisa bertambah jika aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari menguras keringat dan tenaga.

2. Jangan terlalu banyak tidur

sebaiknya tidak terlalu banyak tidur saat berpuasa. Walaupun seluruh aktifitas baik dalam bulan puasa adalah pahala namun kebanyakan tidur juga ada dampak buruknya. Saat banyak tidur anda akan merasa sangat lemas saat bangun. Hal ini terjadi karena anda kekurangan cairan tubuh. Hal tersebut termasuk dalam insensible water loss atau kehilangan cairan tanpa terasa. Jadi jika kamu terlalu banyak tidur, maka akan semakin banyak cairan yang hilang. Jadi untuk menghindari dehidrasi, jangan terlalu banyak tidur saat puasa. Olehnya itu untuk menghindari dehidrasi sebaiknya anda mencari aktifitas lain seperti mengaji dan membaca buku agama.

 

 

3. Makan Buah Yang Mengandung Banyak Air

Cairan tak hanya didapatkan dari minuman saja loh, tapi bisa juga dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga kamu bisa kenyang sekaligus memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti mengonsumsi buah dan sayuran segar. Jadi perbanyaklah sayur dan buah-buahan pada menu sahur dan buka puasa sehingga menghindari dehidrasi saat puasa.

4. Perbanyak minum susu dan air kelapa

Anak-anak bisa mulai belajar puasa. Untuk mencegah dehidrasi pada anak, Anda bisa memberikan susu.  Selain air putih, susu dan air kelapa ternyata juga bisa menjadi cara untuk menghindari dehidrasi saat puasa. Menurut sebuah penelitian, susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi karena kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium dan elektrolit.

Konsumsi air kelapa. Sudah sejak zaman nenek moyang dahulu mengetahui manfaat unik kelapa sebagai penyegar tenggorokan dan pencegah dehidrasi. Air kelapa asli pun mengandung isotonik dan elektrolit alami yang bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang keluar akibat keringat.

5. Menghindari kegiatan luar ruangan

Kurangi aktivitas yang memacu gerak jantung dan keluarnya keringat secara berlebihan selama waktu siang hari berpuasa. Mengurangi aktivitas bukan berarti sama sekali tidak berolahraga selama bulan ramadhan. Namun hanya sebatas mengurangi durasi dan intensitasnya. Maksimalkan olahraga yang memicu keringat keluar di waktu usai berbuka puasa. Mengeluarkan keringat yang berlebihan selama siang hari terik di kala puasa jelas akan menghilangkan secara drastis kandungan air dalam tubuh.

 

 

6. Hindari Kafein dan minuman bersoda saat Sahur

Bahwa jika kita minum minuman bersoda memang menyegarkan, benar bukan!. Tenaga yang tadinya sudah hilang terasa kembali 100 persen. Nah yang perlu kaliam tahu, efek dari minum soda banyak tadi kerongkongan akan terasa kering dan lidah akan terasa tidak enak. Tidak hanya itu, perut kita akan terasa tersisi penuh.

Ya tidak lain adalah udara tentunya. Maka disarankan perbanyak saja minum air putih itu lebih menyehatkan dibanding banyak minum minuman bersoda. Begitu juga halnya dengan minum kopi. Jika  ingin minuman hangat bisa minum teh hangat itu lebih sehat juga. Tapi jangan kebanyakan gula ya.. hati-hati dengan kadar gulanya bagi yang punya penyakit itu.

7. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi

Bagi sebagian orang, obat-obatan dan suplemen vitamin dan nutrisi sangat penting dikonsumsi saat puasa agar dapat menjaga tubuh tetap fit. Namun pastikan bahwa obat yang dikonsumsi tidak memberikan efek samping seperti buang air terus menerus, dehidrasi dan juga kekurangan cairan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya diskusikan hal ini pada dokter.

Itu dia tips menghindari dehidrasi saat puasa. Semoga dengan mengetahui hal ini, tubuhmu bisa lebih fit dan lebih semangat lagi untuk puasa!