Stroke, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatannya

Stroke%2C%20Penyebab%2C%20Pencegahan Stroke, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatannya Health Life Apa Itu Stroke?

Ini adalah kehilangan fungsi otak secara tiba-tiba, yang disebabkan oleh perubahan dalam suplai darah.

Apakah semua stroke sama?

Tidak – stroke bervariasi banyak tergantung tingkat keparahan.

Pada dasarnya ada dua jenis stroke:

Jenis yang umum, yang disebabkan oleh hilangnya suplai darah ke otak, karena terhambatnya pembuluh darah yang memasok otak. Ini disebut stroke iskemik (stroke yang disebabkan karena terhambatmya pembuluh darah otak ). Mereka, pada kenyataannya, sangat mirip dengan serangan jantung – yang disebabkan oleh oklusi ( penyumbatan ) pembuluh darah yang menyuplai jantung.

Yang kurang umum adalah stroke yang disebabkan oleh pendarahan di dalam otak, akibat pecahnya pembuluh darah. Ini disebut stroke hemoragik.

Dalam setiap jenis keparahan dapat bervariasi dari sangat ringan sampai mengancam nyawa.

 

Apa saja gejala stroke?

Stroke menyebabkan kehilangan fungsi otak secara tiba-tiba. Satu atau lebih fungsi otak mungkin akan hilang. Ini termasuk kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh, untuk berbicara dan memahami pembicaraan, untuk melihat, menjaga keseimbangan, menelan makanan, dan bahkan kehilangan kesadaran itu sendiri. Hal ini tergantung pada bagian mana dari otak yang dipengaruhi.

Gejala yang paling umum dari stroke adalah:

  • Kelemahan tiba-tiba dari salah satu sisi tubuh – baik kanan atau kiri.
  • tiba-tiba susah bicara
  • tiba-tiba kehilangan keseimbangan
  • tiba-tiba kehilangan penglihatan
  • tiba-tiba kehilangan kesadaran
  • Singkatnya, stroke dapat mempengaruhi fungsi otak apapun.

 

Mengapa Stroke Dapat Terjadi?

Baca juga:   Tentang Keputihan Keputihan Pada Wanita dan Pencegahan

 

stroke_hg2ovp Stroke, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatannya Health Life

Stroke terjadi karena pembuluh darah yang rusak. Kerusakan dapat disebabkan oleh berbagai alasan, dan meskipun stroke terjadi tiba-tiba, kerusakan pada pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan stroke biasanya terjadi secara perlahan, selama bertahun-tahun.

Penyebab paling penting dari kerusakan pembuluh darah adalah:

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes mellitus
  • gaya hidup yang tidak sesuai
  • Penyakit jantung
  • usia yang lebih tua
  • Faktor genetik keturunan

Banyak faktor-faktor ini dapat diubah atau dikendalikan. Ini termasuk tekanan darah tinggi, diabetes melitus, peningkatan lemak darah, gaya hidup dan penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama dari pecahnya pembuluh darah sehingga terjadi stroke dengan perdarahan.

Oklusi pembuluh darah dapat terjadi karena salah satu atau lebih dari faktor di atas – termasuk hipertensi.

Stroke biasanya merupakan penyakit orang tua – ketika pembuluh darah telah mengumpulkan kerusakan yang cukup selama bertahun-tahun, akhirnya menyebabkan oklusi atau pecah.

Ketika stroke terjadi pada usia muda, penyebab mungkin berbeda, dan penyelidikan ekstensif mungkin diperlukan.

hipertensi_ecmaso Stroke, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatannya Health Life

Apa pengobatan yang tersedia untuk stroke?

Pengobatan tergantung pada jenis stroke. Jenis stroke ditemukan dengan melakukan scan otak darurat – biasanya CT scan.

Stroke karena pembuluh darah tersumbat: Jika pasien tiba di rumah sakit cukup awal, obat untuk melarutkan bekuan darah dapat diberikan melalui pembuluh darah. Ini disebut trombolisis, dan dapat diberikan sampai dengan 4 ½ jam setelah timbulnya gejala. Di pusat-pusat khusus dengan fasilitas modern dapat dipertimbangkan. Jika opsi ini tidak mungkin perawatan berfokus pada meminimalkan kerusakan lebih lanjut dan mencegah oklusi lebih lanjut. Ini umumnya meliputi:

Baca juga:   Memperlambat Proses Munculnya Uban

perawatan ICU, pada tahap awal, untuk memantau fungsi tekanan darah, suhu, saturasi oksigen dan otak, sehingga penyimpangan yang dapat segera hadir.

Obat untuk mencegah pembekuan lebih lanjut – Ini termasuk aspirin, dipyridamole dan clopidogrel, dan umumnya dapat terus seumur hidup.

Mengidentifikasi dan mengobati penyebab kerusakan pembuluh darah – tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, dll Hal ini akan membantu untuk mencegah stroke lebih lanjut.

Stroke karena pembuluh darah pecah: Pengobatan akan berfokus pada meminimalkan kerusakan otak dengan memberikan obat-obatan yang mengurangi penggumpalan di otak. Tekanan darah harus dikendalikan. perawatan ICU penting pada tahap awal.

 

Apakah pemulihan yang diharapkan setelah stroke?

Pemulihan tergantung pada sejauh mana kerusakan otak. stroke ringan cepat sembuh dan baik, stroke parah pulih perlahan-lahan dan biasanya kurang memuaskan.

Terlepas dari jenis stroke, pemulihan akan sangat diuntungkan oleh rehabilitasi dan fisioterapi yang cepat dan tepat. Fisioterapi membantu fungsi yang rusak untuk memulihkan dengan melatih tubuh untuk menggunakan yang terbaik dari fungsi yang tersedia.

Sebagian besar pemulihan fungsi terjadi dalam tiga bulan pertama setelah stroke, dan itu adalah waktu yang memiliki  manfaat maksimal dari fisioterapi. Pemulihan selanjutnya selama sekitar 1 tahun atau lebih.