Tips Posisi Tidur yang Baik untuk Tubuh dan Kesehatan

Posisi%20Tidur%20Yang%20Baik Tips Posisi Tidur yang Baik untuk Tubuh dan Kesehatan Health Life Biasanya orang tidur dalam posisi yang terasa paling nyaman di saat itu. Kita mungkin memiliki satu atau dua posisi yang sering kita andalkan untuk dapat tidur dengan cepat. Mungkin mengejutkan untuk belajar bahwa posisi tidur penting.

Kita menghabiskan sekitar 1/3 dari hidup kita untuk tidur.Sebanding dengan gerakan yang sering diulang memicu cedera seperti carpal tunnel syndrome, Terus menerus di salah satu posisi tidur dapat menyebabkan cedera juga, terutama jika posisi tidur tidak sesuai dengan postur alami. Tidur sementara dalam posisi yang tidak tepat dapat menimbulkan cedera pada tubuh hanya dalam satu malam. Pernah bangun dengan leher kaku atau sakit? 

Posisi tidur

Meskipun ada beberapa variasi, ada tiga posisi tidur utama. Setiap tidur sebaiknya dinilai berdasarkan dukungan dan keselarasan yang baik dari punggung bawah, pinggul dan leher.

 

Posisi Telentang

Kepala menunjuk lurus ke atas. Posisi telentang adalah yang umum Dan merupakan hal yang wajar untuk menjaga tulang belakang dan leher dalam keselarasan. Satu-satunya masalah adalah posisi kaki. Jika ada cukup ruang di bawah selimut jari kaki sebaiknya menunjuk ke arah langit-langit, tapi kadang-kadang kaki harus menunjuk pada sudut ke arah luar sedikit. Selama tetap diminimalisir seharusnya tidak ada masalah.

Posisi Menyamping

Berbaring di kedua sisi dengan kedua kaki lurus, kepala pada salah satu sisinya beristirahat di bantal, lengan di depan tubuh. Posisi ini adalah postur lain yang sehat untuk tidur. Sekali lagi, tulang belakang dan kepala tetap dalam keselarasan. Kaki dapat sedikit ditekuk di lutut dan pinggul. Hati-hati untuk tidak terlalu melengkung, karena hal ini dapat menempatkan terlalu banyak tekanan pada punggung dan leher. Posisi terbaik adalah menyamping menghadap ke kanan, untuk menjaga jantung agar tidak terlalu tertekan dan dapat melakukan tugas dengan semestinya.

Baca juga:   Makanan Yang Mempercepat Metabolisme Dalam Tubuh

Posisi Tengkurap

Berbaring di perut, atau sebagian besar pada perut, dengan kepala berpaling ke satu sisi atas bantal. Lengan dapat menunjuk ke bawah atau sekitar dan memeluk bantal. Meskipun salah satu posisi yang paling disukai, sayangnya ini adalah posisi yang mengerikan untuk punggung serta leher. Untuk bernapas kita harus mengarahkan kepala ke samping pada sudut kanan dari depan yang menempatkan banyak ketegangan pada leher. Kita juga mungkin merasakan tekanan ekstra pada otot perut.

Menyesuaikan Posisi Tidur

Jika kita terbiasa tidur tengkurap, mungkin kita sebaiknya mengubah kebiasaan itu. Posisi lain mungkin tidak menyenangkan sedikit di awalnya, tapi biasanya didibutuhkan beberapa malam untuk memperoleh kebiasaan baru. Selain itu, keuntungan dari perubahan ke posisi tidur sehat dapat membuat perbedaan positif yang sangat besar untuk sisa hidup kita.

 

Kita mungkin perlu untuk membangun posisi baru perlahan-lahan. Pastikan untuk mendapatkan diri kita mengantuk dan di ambang tidur, mulailah dengan salah satu posisi yang baik, kedua sisi atau telentang, mana saja yang dirasa lebih nyaman. Kita mungkin perlu beberapa hari untuk menyesuaikan diri dengan ini, tapi pada waktunya kita akan mencapainya.