Posisi Tidur Yang Baik Bagi Wanita Hamil

pregnant-woman-sleeping-on-side_go8lio_y3sfh3 Posisi Tidur Yang Baik Bagi Wanita Hamil Family Health Woman Ada hal-hal yang berbeda sehingga membuat seorang wanita perlu berubah selama kehamilan. Mulai dari makanan, vitamin yang dikonsumsi, kegiatan yang dapat berpartisipasi di dalamnya, bahkan posisi tidur.

Namun ada posisi tidur yang dianjurkan oleh dokter untuk wanita hamil. Ada alasan bagus mengapa dokter menyarankan posisi ini dan ada bantuan bagi wanita untuk tidur di posisi yang dianjurkan.

Posisi tidur yang dokter sarankan untuk wanita hamil adalah posisi tidur miring. Posisi ini paling aman bagi ibu dan bayi.

Mengapa posisi tidur miring? Tidur dengan posisi miring selama kehamilan membawa beberapa manfaat. Ini membantu untuk menjaga berat badan bayi dari tekanan vena besar yang menyuplai darah ke kaki (disebut vena cava inferior). Hal ini membantu untuk membuat tugas jantung lebih mudah dan mencegah pembengkakan yang dapat terjadi pada kaki.

 

Apakah Posisi Tidur Benar-Benar Penting?

Sementara tidak ada yang bisa memaksa wanita untuk tidur dalam posisi tertentu, setidaknya jika dibekali dengan informasi yang cukup dapat membuat keputusan yang baik. Satu hal yang wanita hamil temukan pada trimester kedua dan ketiga adalah kesulitan dalam posisi tidur – tidak peduli apa posisi tidurnya. Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi beberapa ketidaknyamanan: seperti bantal bersalin.

Bagaimanpun juga, ahli medis menyarankan posisi tidur tertentu selama kehamilan. Ada alasan baik untuk nasihat ini, terutama jika calon ibu berisiko komplikasi seperti pre-eklampsia, insufisiensi plasenta atau persalinan prematur. Bahkan tanpa implikasi berisiko, dokter kandungan masih menyarankan calon ibu untuk mempertimbangkan tidur dengan posisi miring untuk kepentingan bayi agar berkembang.

Baca juga:   Manfaat Kafein

Ini bisa menjadi jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Wanita hamil dapat mencoba untuk menemukan posisi yang terasa wajar, atau mungkin masih berakibat sakit di punggung setelah tertidur.

Tetapi jika masih sulit tidur dengan posisi miring, tidak ada salahnya mencoba menggunakan bantal bersalin. Bantal bersalin membantu untuk mempertahankan posisi tidur yang baik dengan menawarkan dukungan yang akan mempertahankan posisi yang benar. Bantal bersalin juga membuat tidur lebih nyaman dan menghasilkan tidur malam yang lebih baik bagi wanita hamil.