Begini Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

fertility-calendar-min_dem8t3 Begini Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Family Health Tips Kesehatan Woman Masa Subur mengacu pada kemampuan alami dari makhluk hidup untuk mereproduksi kehidupan. Seorang individu lebih subur dalam tahap tertentu dalam kehidupan daripada yang lain.

Siklus menstruasi wanita

Seorang gadis mulai menstruasi antara usia 10 sampai 14 tahun dan terus mengalami menstruasi sampai usia 45-50. Ini adalah proses alami yang membantu reproduksi pada manusia.

Siklus menstruasi dimulai pada hari pertama perdarahan. Perdarahan berlanjut selama rata-rata 4 sampai 5 hari. Lamanya siklus bervariasi sebagian besar dari satu wanita dengan wanita yang lain. Satu siklus menstruasi berlangsung sekitar 28 hari, tetapi juga dapat memakan waktu hingga 45 hari pada beberapa wanita. Ada banyak yang terjadi di dalam tubuh selama masa ini. Siklus berikutnya dimulai dengan hari pertama yang ditandai dengan perdarahan.

Masa subur selama siklus

Masa subur pada wanita tergantung pada siklus hormonal mereka. Ada beberapa hari masa subur dalam siklus 28 hari seorang wanita. Ini adalah waktu ketika kesuburan terjadi di dalam tubuh. Wanita paling subur di sekitar fase ovulasi dari siklus mereka. Dua hari sebelum ovulasi dan dua hari setelah ovulasi adalah masa paling subur bagi seorang wanita.

Tahun subur wanita

Seorang wanita memiliki masa subur selama dia sedang menstruasi. Ini berarti dapat dikatakan dia bisa melahirkan dari usia 14 sampai usia 50 tahun. Tapi, ada fase dalam kehidupan yang relatif lebih subur daripada yang lain. Seorang wanita di puncak kesuburan antara usia 20 dan 34. Wanita yang ingin melahirkan setelah usia 35, mengalami kesulitan untuk hamil dan memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalami keguguran.\Menghitung-Masa-Subur-dengan-Siklus-Haid_kiffrc Begini Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Family Health Tips Kesehatan Woman

Baca juga:   Ini dia cara Menghemat Budget Makan di Negeri Orang

Jadi, waktu terbaik untuk memiliki anak, adalah selama fase subur dari siklus dan masa subur dari umur seseorang.

Kesuburan juga tergantung pada berbagai faktor seperti faktor emosional, gizi, kebugaran fisik, budaya, gaya hidup dan waktu yang tepat. Dengan menjaga faktor di atas dalam pikiran kita dan memiliki pengetahuan yang benar tentang periode kesuburan, maka kita dapat merencanakan menjadi orangtua pada waktu yang tepat.