Tips Mengatasi Nyeri Menstruasi dengan Cara Alami

nyeri%20saat%20haid Tips Mengatasi Nyeri Menstruasi dengan Cara Alami Family Health Woman

Nyeri haid atau kram menstruasi cukup umum ditemukan pada wanita.Kram menstruasi yang menyakitkan dialami oleh wanita yang lebih muda. Gejala umumnya mereda setelah kehamilan dan dengan bertambahnya usia.

Gejala

Perempuan menderita berbagai tingkat rasa sakit di daerah perut dan panggul selama periode yang dapat mulai beberapa hari sebelum periode menstruasi. Nyeri haid biasanya berlangsung selama satu atau dua hari selama periode.

gejala lain seperti mual, muntah, dan pusing dapat menyertai nyeri haid. 

Penyebab

Kram menstruasi diakibatkan karena pelepasan hormon prostaglandin, yang membantu dalam kontraksi rahim untuk menumpahkan lapisan endometrium. Kram menstruasi yang parah pada usia muda ketika rahim mulai berfungsi normal dan akan surut dengan bertambahnya usia.

Stres, depresi dan kecemasan adalah faktor sekunder lainnya yang menyebabkan nyeri haid. Dismenore sekunder dapat timbul karena kista dan fibroid pada rahim dan indung telur dan penyakit radang panggul lainnya.

Nyeri-Haid_dow6ku Tips Mengatasi Nyeri Menstruasi dengan Cara Alami Family Health Woman

Pengobatan Alami untuk Menstruasi Yang Menyakitkan

Kram menstruasi bukanlah kondisi abnormal tetapi dapat dikurangi melalui solusi alami berikut.

  1. Menggunakan bantalan pemanas pada bagian bawah perut untuk mengurangi rasa sakit. Bisa juga menggunakan dikompres menggunakan kain empuk atau handuk yang hangat.
  1. Teh Herbal yang dibuat dari ramuan Chamomile juga sangat membantu dalam mengurangi kram menstruasi. Untuk secangkir air mendidih, tambahkan dua sendok teh bubuk Chamomile kering dan diamkan selama 5 menit. Saring campuran dan dapat diminum dengan menambahkan sedikit madu atau gula.
  1. Teh Jahe juga sangat efektif dalam mengurangi kram menstruasi. Tambahkan beberapa potong jahe dalam secangkir air the dan didihkan selama sepuluh menit. Saring cairan dan minum dengan menambahkan sedikit madu.
  1. Jika menjalani program diet, pastikan bahwa diet kita diperkaya dengan kalsium, magnesium dan vitamin B. Kalsium sangat bermanfaat dalam mengencangkan otot-otot dan mencegah kram. Minum beberapa cangkir susu selama periode menstruasi untuk meringankan kram menstruasi.
  1. Magnesium membantu dalam penyerapan kalsium. Kacang-kacangan, tahu, salmon dan sayuran hijau yang kaya magnesium. Sertakan makanan ini dalam menu harian untuk mengurangi nyeri.
Baca juga:   Perlunya Stretching Pada Jam Kerja