Mau buat acara BukBer? Coba 8 tips ini supaya makin seru Acaranya

Tips Mempersiapkan Acara Buka Puasa Bersama yang Seru

Acara bukber atau buka puasa bersama sering menjadi ajang untuk kembali menyambung tali silahturahmi baik itu bersama keluarga, teman ataupun rekan kerja, Tidak heran kalau acara buka bersama harus di persiapkan secara istimewa agar momen kebersamaan saat bukber makin seru dan tidak terlupakan.

Punya rencana mengadakan acara buka puasa bersama? Kalau kamu berencana mengadakan bukber kamu harus memperhatikan 8 hal ini agar acara yang kamu siapkan bisa berjalan dengan lancar dan seru:

1. Bentuk panitia kecil

Bentuklah panitia kecil dan sederhana agar koordinasi acara berlangsung lancar, mulai dari pemesanan tempat, menghubungi undangan hingga acara selesai.

2. Tetapkan Tanggal atau Waktu yang Tepat

Pada saat puasa, kita tentunya tidak hanya akan menghadiri satu acara buka puasa bersama saja. Untuk itu cobalah untuk memilih waktu yang sekiranya banyak orang akan hadir seperti pada awal minggu kedua puasa.

Sebelumnya memastikan tanggal atau hari bukber, baiknya bertanya dahulu rekan-rekan kamu. Apakah mereka dapat ada jika kamu membuatnya di tanggal atau hari yang disebut? Jika tidak dapat, baiknya kamu tanyakanlah kembali ke mereka kapan mereka dapat. Kamu dapat memastikan tanggal atau hari yang pas untuk bukber sesuai sama jawaban sebagian besar.

3. Memilih Tempat yang Tepat dan  semua teman kamu tahu

Jangan sampai kamu memilih tempat yang teman-teman kamu tidak tahu, bisa jadi tempat yang kamu pilih adalah tempat yang tidak di rekomendasikan untuk dicoba. Salah satu faktor yang paling penting saat menentukan acara buka puasa bersama adalah memilih tempat yang tepat. Jika kamu ingin berbuka puasa bersama dengan jumlah teman atau undangan yang tidak terlalu banyak dan tidak ingin repot, kamu bisa memilih tempat di restoran. Namun, tentunya waktu akan dibatasi sehingga tidak bisa mengobrol lebih lama. opsi  Jika kamu ingin mengobrol lebih lama, pilihlah tempat di rumah.

4. Tersedianya Tempat Beribadah

Adanya tempat ibadah mempermudah untuk menjalankan ibadah Sholat maghrib setelah berbuka puasa. Acara bukber yang mengasyikkan baiknya tidak buat kamu dan rekan yang lain jadi lupa melaksanakan ibadah. So, yakinkan bila tempat yang kamu tentukan mempunyai tempat melaksanakan ibadah yang nyaman jadi kesibukan beribadah sesudah buka puasa dapat ditempuh dengan khidmat.

5. Mempersiapkan Acara Utama dengan baik

Ketahuilah inti dari acara buka puasa bersama adalah untuk silaturahmi. Jika hanya makan bersama tentunya akan membosankan dan tidak seru. Tips mempersiapkan acara buka puasa bersama selanjutnya adalah dengan mempersiapkan acara inti dengan baik. Buatlah flow acara agar acara buka puasa bersama lebih seru dan tertata.

 

6. Buatlah ide acara biar lebih seru

Salah satu cara agar acara buka puasa bersama lebih seru adalah dengan mengadakan games. Dengan adanya games, kita bisa lebih terasa keseruan serta silaturahminya.   Cobalah untuk memikirkan dan sepakati ide-ide games sederhana berhadiah, agar suasana semakin akrab dan hangat. Jika tamunya adalah keluarga, maka buatlah games untuk segala umur. Sedangkan jika tamunya teman atau kerabat maka buat games yang kiranya seumur.

7. Atur Waktu , Selasai tak terlalu malam.

Setelah seru-seruan dengan bermain games, ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali waktu selesai acara tersebut. Di bulan Ramadhan ini pasti setiap umat Muslim ingin mendekatkan diri dengan melakukan ibadah. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menyelenggarakan acara dan selesai terlalu malam agar setiap karyawan tetap bisa mengikuti setiap acara sampai habis dan tetap bisa melaksanakan sholat Tarawih sepulang ke rumah tanpa merasa terlalu lelah. Terlebih lagi untuk mereka yang sudah berkeluarga dan harus menyiapkan makan sahur dini hari nanti.

 

8.  Last But Not Least, Tentu Saja Kamera!

Camera yaitu satu diantara piranti yg tidak dapat kamu lupakan saat membuat acara bukber karna banyak peristiwa seru yang butuh diabadikan dalam bidikan camera. Bila camera smartphone-mu merasa kurang pas untuk mengabadikan peristiwa itu, gunakan saja digital kamera yang gampang dibawa ya.

Itulah berbagai cara dan tips membuat acara buka bersama menjadi lebih seru dan menyenangkan.
Berbuka puasa bersama orang yang kamu cintai tentu membuat hatimu makin senang dan makin bersemangat menjalankan ibadah puasa. Ajaklah teman atau sanak saudaramu untuk menyiapkan acara bukber dengan rencana yang matang.