Manfaat dan Kegunaan Tanaman Jahe bagi kesehatan

ginger-powder-benefits1 Manfaat dan Kegunaan Tanaman Jahe bagi kesehatan Health Health & Fitness Life LifeStyle Tips Kesehatan

Jahe secara umum digunakan di setiap rumah tangga baik dalam bentuk bahan untuk memasak atau sebagai penyedap teh dan kopi. Penggunaan jahe tidak hanya terbatas pada dapur tetapi juga meluas ke metode pengobatan alternatif seperti Ayurveda, aromaterapi, Naturopati, terapi herbal.

Jahe umumnya tumbuh di sekitar daerah tropis di mana curah hujan melimpah dan memiliki dasar musim kemarau yang panas, yang sangat ideal untuk budidaya. 

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Anti-spasmic atau karminatif yang terkandung pada jahe dapat membebaskan kita dari gas dan kembung, Jahe bermanfaat dalam mengobati penyakit kolik dan dispepsia. Asupan jahe juga membantu orang yang menderita batu empedu karena merangsang sekresi empedu dari kandung empedu. Bahkan kondisi seperti diare juga diperlakukan dengan bantuan jahe.

Jahe sangat bagus untuk tenggorokan – jahe membantu sekresi lendir, yang mengurangi perasaan nyeri tenggorokan atau batuk di tenggorokan. Lendir ini juga mencegah lubang atau borok di dalam lapisan perut.

Jahe merupakan anti-kanker – seperti kanker ovarium atau kanker usus besar, jahe dalam bentuk bubuk sangat efektif dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker kolorektal dan bahkan menghancurkan sel-sel kanker di ovarium.

Sifat anti-bakteri dan anti-jamur jahe – Sifat anti-jamur jahe membantu dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada sakit gigi. Selain ini, jahe juga dapat mencegah dan mengobati flu.

Baca juga:   Tips Praktis Mengusir Nyamuk Dari Rumah

Fungsi Lain Dari Jahe

Jahe membantu untuk penyembuhan mabuk laut dan morning sickness, terutama dalam kasus wanita hamil. Bahkan efek samping dari kemoterapi dapat juga diobati dengan jahe. Gingerol dan shogaols merupakan dua konstituen yang terkandung dalam jahe membantu dalam mengobati mual, mengendalikan kecenderungan muntah dan pemantauan fungsi saluran pencernaan.

Teh jahe adalah obat alami untuk sakit maag.

Enzim-enzim khusus yang hadir dalam jahe mencegah kram dan membantu dalam pencernaan.

Jahe membantu mengurangi kadar kolesterol dan pengembangan pembekuan darah dalam tubuh. Ini dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan masalah jantung juga.ginger Manfaat dan Kegunaan Tanaman Jahe bagi kesehatan Health Health & Fitness Life LifeStyle Tips Kesehatan

Jahe dilengkapi dengan kemampuan mencegah prostaglandin, yang membantu dalam pengurangan rasa sakit dan pembengkakan pada pembuluh darah, yang disebabkan karena migrain.

Jahe dalam bentuk teh, dicampur dengan gula merah sangat baik diminum pada kram menstruasi.

Jahe mampu mengurangi nefropati diabetik atau kerusakan ginjal. Jus jahe segar atau minyak jahe adalah obat sempurna untuk luka bakar ringan dan iritasi kulit.

Sekarang kita sudah tahu bahwa jahe merupakan bahan kuno, yang telah berhasil digunakan dalam berbagai obat-obatan alternatif untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Selain itu, jahe juga merupakan komponen kuliner penting, yang digunakan dalam pembuatan roti jahe, kue jahe, teh jahe, biskuit jahe, kue, dan rempah-rempah. Dalam semua bentuk dan dalam bentuk mentah, jahe tersedia di setiap pasar dan bahkan di toko makanan organik.

Baca juga:   Memulai Hari Dengan Sarapan Yang Sehat

Jadi, tambahkan jahe pada makanan sehari-hari kita untuk menikmati banyak manfaat kesehatan darinya.