Manfaat Kafein

Manfaat%20Kafein Manfaat Kafein Health Life Tips Kesehatan

Kita mungkin mulai bertanya-tanya, apakah saya harus benar-benar mengkonsumsi kafein dalam keseharian saya? Sebelum memutuskan itu semua mari kita pertimbangkan beberapa penelitian yang baru keluar akhir-akhir ini yang menunjukkan beberapa manfaat kesehatan mengejutkan dari kafein:

  • Dapat Mencegah Kanker Kulit – studi terbaru menunjukkan bahwa kafein ditambahkan ke sodium benzoate dalam tabir surya memiliki efek positif pada penghancuran sel-sel kanker kulit.
  • Menurunkan Berat Badan – kafein telah hadir dalam formula untuk penurunan berat badan selama bertahun-tahun.
  • Meredakan Sakit kepala – kafein telah lama digunakan sebagai penghilang rasa sakit. Hal ini terutama membantu saat migrain, dan sakit kepala jenis lain.
  • Membantu Penderita Asma – kafein telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu penderita asma. Kafein melebarkan saluran udara dan memungkinkan oksigen untuk masuk ke paru-paru.
  • Mencegah Parkinson – kafein memiliki efek menguntungkan pada sistem saraf pusat dan dampaknya untuk meningkatkan otot dan gerakan.
  • Meningkatkan kinerja atletik – peneliti tidak yakin persis bagaimana kafein meningkatkan kinerja atletik. Ini mungkin membuat kontraksi otot lebih kuat, atau karena mengangkat suasana hati, seorang atlet mungkin mendapatkan semangat yang mereka butuhkan untuk melakukan yang lebih baik. Kafein juga merangsang otak dan sistem saraf sehingga dapat membantu mencegah kelelahan.

 

Kafein telah mendapat reputasi buruk selama beberapa tahun terakhir dan tidak sepenuhnya benar atau sepenuhnya salah. Memang benar bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat mendatangkan masalah kesehatan. Hal ini dapat membuat susah tidur; dapat menurunkan natrium dan kadar kalium dalam tubuh melalui sering buang air kecil dan menyebabkan jantung berdebar, gelisah dan agitasi. Pada catatan yang positif, sedikit kafein, tidak lebih dari setara 2 cangkir kopi sehari, atau 300 mg, dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan untuk latihan, membakar lemak, dan tetap waspada secara mental.

Baca juga:   Cara Yang Benar Untuk Menyikat Gigi

Ada beberapa hal yang direkomendasikan kepada orang-orang yang ingin tetap minum kopi, atau teh, atau soda berkafein untuk memastikan bahwa hal itu tidak menjadi bahaya kesehatan:

  • Batasi kafein – tidak lebih dari 300 mg per hari. Beralih ke decaf (yang masih memiliki sedikit kafein di dalamnya.
  • Minum air putih – Pastikan untuk minum air setiap hari. Kemudian tambahkan 1 gelas air ekstra untuk setiap cangkir kopi, teh, atau minuman berkafein yang kita minum. Ini akan memastikan bahwa kita tidak mengalami dehidrasi.
  • Mengkonsumsi Vitamin B: Pastikan mengkonsumsi multivitamin setiap hari yang memiliki jumlah yang disarankan dari vitamin B di dalamnya, terutama B12. vitamin B mendukung sistem saraf.
  • Batasi mengkonsumsi soda berkafein 3 kali seminggu. Dengan soda, kafein bukan bahan terburuk. Beralih ke diet soda manis dengan Splenda, bukan aspartame.
  • Ganti Kafein – untuk teh hijau atau teh hitam, atau bahkan cokelat panas untuk mendapatkan dorongan kafein yang kita butuhkan. Mereka memiliki manfaat kesehatan yang lebih dari kopi karena mereka adalah antioksidan yang kuat. Kakao juga telah terbukti baru-baru untuk menurunkan tekanan darah dan memberikan manfaat jantung sehat.

 

Banyak orang, menikmati pagi mereka dengan  secangkir kopi, teh, atau soda berkafein sesekali. Tidak ada alasan bagi siapa saja yang benar-benar menyukainya. Waktu yang kita sisihkan untuk meminum kopi atau teh selama istirahat, atau pada sore hari dapat menjadi sedikit menguntungkan, yang dapat membantu kita dekompresi dan bersantai.

Baca juga:   Mencegah Munculnya Keriput Pada Wajah