Makanan Yang Dianjurkan Selama Kehamilan

Makanan%20Yang%20Dianjurkan%20Selama%20Kehamilan Makanan Yang Dianjurkan Selama Kehamilan Family Health Tips Kesehatan Woman

Penambahan berat badan sangat alami selama kehamilan dan menurunkan berat badan selama masa ini sangat tidak disarankan. Pertumbuhan bayi, uterus dan payudara lebih besar, suplai darah lebih banyak plasenta menyebabkan peningkatan berat badan wanita hamil. Tapi ini bukan berarti wanita hamil tidak bisa mendapatkan berat badan yang diinginkan dan berharap untuk kehilangan sepenuhnya setelah melahirkan. Sebaliknya, ada kenaikan berat badan yang diperlukan selama kehamilan yang menjamin bayi yang sehat dan kehamilan pada umumnya.

Makanan yang paling penting untuk dikonsumsi ketika hamil adalah makanan yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi pertumbuhan si bayi dalam rahim. Seorang wanita hamil sebaiknya mengkonsumsi tambahan 100-300 kalori sehari tergantung pada trimester. Saat seorang wanita tahu bahwa dia mengharapkan bayi, wanita sebaiknya mulai makan dengan cerdas. Sebaiknya mulai dengan mengurangi makanan yang diawetkan, makanan yang digoreng dan makanan olahan yang tinggi lemak dan gula. Untuk kelompok makanan tertentu, wanita hamil sebaiknya memiliki jumlah yang tepat dari karbohidrat yang dibutuhkan, kalsium dan protein serta beberapa mineral dan vitamin.

Banyak wanita hamil melewatkan karbohidrat karena takut dapat berkontribusi untuk penambahan berat badan, tapi karbohidrat sangat penting. Untuk mengatasi masalah ini, wanita hamil sebaiknya memilih karbohidrat kompleks untuk menghindari kenaikan berat badan terlalu banyak. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan dalam makanan yang terbuat dari gandum seperti roti gandum, pasta gandum dan beras merah.

Baca juga:   Madu Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Untuk ngidam yang manis-manis, sebaiknya tidak memakan kue setiap kali merasakan keinginan, terutama selama waktu ngemil. Sebaliknya, memilih buah-buahan segar, buah-buahan kering, yoghurt atau keju pada biskuit. Ibu hamil juga dapat memakan camilan kacang mentega yang menyebar pada roti, kerupuk, pisang dan apel. Kelebihan gula tidak hanya akan membuat wanita hamil berat badannya tetapi juga menempatkan seorang wanita hamil berisiko terkena diabetes gestasional.

Kalsium juga merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dimakan ketika hamil, karena itu wanita hamil sebaiknya memiliki susu dan produk harian lainnya. Untuk meminimalkan penambahan berat badan terlalu banyak, wanita hamil harus memiliki susu skim atau susu rendah lemak dan yoghurt. Untuk minuman, seperti es teh, kopi dan soda sebaiknya dihindari. Air putih adalah minuman terbaik, atau minuman rendah gula atau jus buah alami.

Jangan ragu untuk memanjakan diri sendiri dengan es krim tetapi dalam jumlah secukupnya dan kadang-kadang. Seorang wanita mengharapkan tetap merasa bebas untuk makan selama periode ini, tetapi sebaiknya tidak sampai hanyut dan terlalu memanjakan diri. Cukup ingat untuk memilih makanan yang sehat untuk dimakan ketika masa hamil, maka berat badan selama kehamilan dapat dikendalikan.