Makanan Pemicu Asam Lambung

Stomach%20Acid%20Foods Makanan Pemicu Asam Lambung Health Tips Kesehatan Woman

Penyebab pasti dari asam lambung belum diketahui namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan kita menderita penyakit ini. Kelainan pada perut yang disebut hernia hiatus, kehamilan, dan kebiasaan makan yang buruk dapat dikatakan memicu kondisi ini di sebagian besar individu. Faktor-faktor lain termasuk obesitas atau kelebihan berat badan, obat yang diminum, dan beberapa bentuk latihan yang menempatkan terlalu banyak tekanan pada perut.

Selain pemicu umum, ada juga makanan yang menyebabkan asam lambung dan dengan demikian, harus dihindari.

makanan-asam-lambung_qcdtqj Makanan Pemicu Asam Lambung Health Tips Kesehatan Woman

Berikut beberapa makanan dan minuman yang mungkin ingin diperhatikan untuk membantu kita mencegah mengalami asam lambung di dalam perut kita.

Alkohol – alkohol meningkatkan asam lambung dan melemahkan sfingter esofagus bagian bawah atau otot yang berfungsi sebagai penghalang antara perut dan kerongkongan. Ketika otot-otot ini melemah, hal itu tidak dapat mengontrol aliran asam untuk kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan asam lambung. Selain alkohol, obat-obatan juga dapat melemahkan berfungsinya otot LES ( lower esophageal sphincter ).

minuman berkarbonasi, kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya juga dapat melemahkan otot LES, sehingga dapat memicu terjadinya asam lambung.

Buah jeruk, jeruk, lemon, tomat, saus tomat dan produk berbasis tomat lainnya juga dikatakan melemahkan otot LES dengan demikian juga dapat menyebabkan asam untuk melakukan perjalanan kembali dari perut ke kerongkongan.

Baca juga:   Penyebab Kantung Mata Dan Pencegahannya

Cokelat mengandung senyawa yang mirip dengan kopi dan teh yang juga dapat menghambat berfungsinya sfingter esofagus, sehingga dapat menyebabkan asam dalam esofagus.

Makanan yang digoreng, produk susu, dan makanan pedas seperti cabai juga bisa memicu asam lambung yang juga dapat menyebabkan mulas. Peppermint juga bisa menjadi penyebab memburuknya situasi.

Makanan yang menyebabkan asam lambung tidak selalu menyebabkan penyakit, tetapi dapat memicu dan memperburuk gejalanya. Meskipun menghindari makanan ini belum tentu berarti menghindari asam lambung, tapi dapat menjadi bantuan yang sangat besar dalam mengurangi atau menghindari gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Berbaring setelah makan atau mengkonsumsi makanan berat juga dapat memicu asam lambung ke kerongkongan. Ini berarti bahwa untuk menghindarinya mungkin berarti mengubah kebiasaan termasuk menghindari alkohol dan seberapa banyak konsumsi makanan. Salah satu obat yang dapat diikuti adalah untuk makan dalam porsi yang lebih sedikit tetapi dengan jadwal makan lebih sering untuk membantu menghindari asam lambung.