Kebijakan Youtube Terbaru 2017! 10 Ribu Views baru bisa di Monetisasi

Youtube-indonesia_v8llmv Kebijakan Youtube Terbaru 2017! 10 Ribu Views baru bisa di Monetisasi Google Adsense Social Media Youtube Berdasarkan Kebijakan Youtube Yang Baru, dikutip dari support.google.com bahwa per tanggal Pada 18 April 2017, untuk channel yang baru dibuat atau yang lama dan View masih dibawah 10K, Iklan Tidak Akan ditampilkan pada Video Youtube atau tidak bisa di Monetisasi.

Berikut Ringkasan dari Program Partner YouTube: 

Pada 18 April 2017, kami akan menerapkan proses peninjauan baru untuk semua channel yang mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Program Partner YouTube, Dapatkan informasi lebih lanjut tentang proses peninjauan dan persyaratan kelayakan di bawah ini. ( detail baca di sini)

Kebijakan Youtube Yang Baru ini, mungkin imbas dari kasus kemarin yang pada menarik diri iklannya (perusahaan pengiklan) dari youtube karena iklan mereka dipasang pada konten berbau kekerasan dan ekstrem.
Sehingga Youtube melakukan perbaikan sistem dan endingnya meluncurkan kebijakan youtube yang baru bagi para pembuat konten di youtube. ini dilakukan untuk menjaga kerjasama antara Pengiklan, Youtube, dan Pembuat Konten (Content Creator) yang saling menguntungkan.

dan Aturan baru tersebut ditambahkan kedalam persyaratan YouTube Partner Program yang selama ini sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Jika kamu belum mengetahui apa itu YouTube Partner Program, maka berikut ini akan dijelaskan beberapa keuntungan yang didapat dari YPP:

  • Monetisasi Konten, memasang iklan melalui AdSense.
  • Iklan muncul pada video yang diputar melalui YouTube dan platform lainnya.
  • Mendapatkan data YouTube Analytics untuk menganalisa audience channel YouTube milikmu.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menonton video resmi yang menjelaskan apa itu YouTube Partner Program dibawah ini:

Baca juga:   Kisah Inspiratif - Kisah Semut dan Lalat

Karena YouTube menjadi salah satu platform media online berbasis video yang terkenal dapat mendatangkan banyak uang bagi siapa saja yang berhasil meraih banyak views pada video yang diunggahnya, banyak orang-orang diluar sana yang memanfaatkan momen ini dengan membuat channel YouTube dan mengikuti kisah sukses para YouTuber lain.

Sayangnya mereka kerap tidak memperhatikan aturan main di YouTube dan kerap menggunggah video milik orang lain tanpa seizin pemilik hak cipta dan berfoya-foya mendapatkan keuntungan berupa uang dari perbuatannya tersebut.

Jika beberapa bulan yang lalu telah terjadi suspend besar-besara pada segelintir channel YouTube yang melanggar aturan, maka penambahan peraturan baru ini merupakan langkah lanjutan guna menciptakan ekosistem yang baik bagi para creator content original di YouTube.

Channel baru kamu tidak akan bisa menayangkan iklan?

Sejak tanggal 18 April 2017, Youtube memperbaharui peraturan Youtube Partner Programnya. Isinya adalah channel yang baru dibuat tidak akan bisa menampilkan iklan, karena hanya channel yang sudah mencapai 10.000 views saja yang diperkenankan untuk menayangkan iklan.

channel_youtube1_hwogyz Kebijakan Youtube Terbaru 2017! 10 Ribu Views baru bisa di Monetisasi Google Adsense Social Media Youtube
Contoh Channel YouTube Yang Belum Memenuhi Syarat YouTube Partner Program Adsense 2017

YouTube Partner Program baru bisa diikuti oleh para YouTuber ketika channel YouTube miliknya telah mencapai 10.000 lifetime views. Dengan demikian YouTube bisa mengetahui dan memonitor terlebih dulu kredibilitas dari sebuah Channel YouTube.

channel_youtube_ashftm Kebijakan Youtube Terbaru 2017! 10 Ribu Views baru bisa di Monetisasi Google Adsense Social Media Youtube
Contoh Channel YouTube Yang Sudah Memenuhi Syarat YouTube Partner Program Adsense 2017

Selain itu dengan memberikan batas 10.000 lifetime views, YouTube bisa dengan mudah memonitor apakah channel tersebut menuruti aturan main YouTube atau justru sebaliknya?

Lalu, Bagaimana Dengan Channel Yang Sudah Menampilkan Iklan Tetapi Belum Mencapai 10.000 views?

Tenang saja, bagi kamu yang mempunyai channel dan sudah menayangkan iklan sejak dulu tetapi lifetime viewsnya masih dibawah 10.000, maka peraturan baru ini tidak akan berdampak apapun.

Baca juga:   Kisah Inspiratif-Palu Menghancurkan Kaca

Kamu tetap bisa menayangkan iklan dan mendapatkan penghasilan. Tingkatkan saja kualitas dan kuantitas konten video di channel Youtube kamu.

Perlu diketahui juga, bahwa jika kamu sudah memiliki channel dengan 10.000 lifetime views, maka bukan berarti kamu sudah langsung bisa menayangkan iklan. Channel kamu akan ditinjau atau direview terlebih dahulu oleh pihak Youtube.

Jika channel memenuhi persyaratan dan memiliki kualitas konten yang bagus, barulah kamu bisa bergabung dengan Youtube Partner Program.

 

Persyaratan Youtube Partner Program Terbaru

Berikut ini persyaratan-persyaratan yang harus kamu penuhi jika kamu tertarik dan ingin bergabung dengan Youtube Partner Program.

  1. Program Youtube Partner harus tersedia di negara tempat kreator atau pemilik channel tinggal.
  2. Video sebagai konten yang diunggah harus berkualitas, original dan sesuai dengan peraturan Google AdSense.
  3. Video harus mematuhi terms of service serta peraturan terkait lainnya dengan Youtube.
  4. Video atau konten lainnya yang diunggah tidak boleh melanggar hak cipta.
  5. Channel Youtube harus sudah mencapat jumlah 10.000 lifetime views.

Jika kamu ingin menjadi Youtuber sukses, maka seharusnya kamu tidak menyerah setelah peraturan tersebut diterbitkan.

Kamu harus terus memotivasi diri sendiri dan terus memberikan semangat agar bisa mengunggah video berkualitas dan terus mendapatkan penonton hingga mencapai 10.000 penonton.