Denging Pada Telinga Dan Penyebabnya

Gelombang suara berjalanan melalui saluran telinga ke telinga tengah dan dalam, di mana sel-sel rambut di bagian koklea membantu mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik yang kemudian dihantarkan oleh saraf pendengaran ke korteks otak. Ketika sel-sel rambut yang rusak – misalnya oleh suara keras atau obat -obatan – sirkuit di otak tidak menerima sinyal yang mereka harapkan. Hal ini merangsang aktivitas abnormal di neuron, yang menghasilkan ilusi suara, atau tinnitus, termasuk telinga berdenging.

9PU9ZiBbJo_eqo2r1 Denging Pada Telinga Dan Penyebabnya Health Tips Kesehatan Pernahkah kita mengalami denging pada telinga? Maka kita dapat disebut menderita kondisi yang disebut tinnitus. Mungkin tidak hanya berdenging karena dalam beberapa kasus ada suara mendesir yang tampaknya datang dari dalam telinga atau kepala. Ini bukan penyakit tetapi tanda bahwa ada kondisi yang mendasarinya yang mungkin memerlukan perhatian medis.

Ada banyak penyebab tinnitus. Suara terdengar dari telinga luar, telinga tengah atau telinga bagian dalam. Hal ini juga bisa mengeja kelainan pada otak. Denging dari telinga atau kepala cukup normal, semua orang sebenarnya mengalami hal itu. Hal ini biasanya hanya masalah pemblokiran tubuh normal lebih berkonsentrasi pada suara di luar. Kadang-kadang, sepotong kecil dari kotoran telinga atau benda asing lainnya di telinga eksternal memicu tinnitus. Beberapa contoh, cairan atau infeksi pada tulang telinga tengah juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Dalam kasus yang parah, ujung mikroskopik dari saraf pendengaran di telinga terdalam yang rusak, juga ketika tulang telinga sudah terinfeksi. stadium lanjut ini juga biasanya disertai dengan gangguan pendengaran. Ketika ini terjadi, pengobatan menjadi lebih agresif, operasi bahkan perlu untuk memperbaiki saraf dan tulang yang rusak. Pembedahan seringkali diperlukan untuk kasus-kasus dimana tinnitus disebabkan oleh tumor jinak di otak atau masalah serius lainnya seperti aneurisma ( pelebaran pembuluh darah ).

Akhir-akhir ini, banyak orang tidak peduli tentang efek berbahaya dari kebisingan terlalu keras seperti senjata api dan musik yang intens. Penelitian telah menunjukkan bahwa ini juga dapat merusak pendengaran sehingga suara denging tidak dibayangi oleh suara luar lagi. Suara keras abnormal harus dihindari untuk menghilangkan tinnitus.

Baca juga:   Cara Jitu Menurunkan Asam Urat

Tentu saja ada tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk melawan tinnitus. Salah satunya, hindari penggunaan penyeka kapas saat membersihkan telinga. Praktek ini dapat menyebabkan kotoran telinga tersumbat lebih ke dalam, dekat gendang telinga. Juga, menjaga tekanan darah normal akan membantu.

Asosiasi Tinnitus di negara-negara maju juga merekomendasikan langkah-langkah pencegahan berikut untuk melindungi kita dari tinnitus yang disebabkan oleh kebisingan yang berlebihan:

• Kenakan pelindung telinga untuk mengurangi tingkat kebisingan bila ada noise yang cukup mengganggu telinga, di konser, berburu, atau acara olahraga misalnya.
• Memiliki pedoman konservasi jika lingkungan kerja tampaknya berbahaya bagi pendengaran. Memakai penutup telinga atau sarung yang diatur oleh pihak yang berwenang. Itu adalah hak kita untuk menuntut perlindungan.
• Aktivitas normal setiap hari seperti memotong rumput dengan mesin terkadang menjadi berbahaya. Lindungi diri kita dan singkirkan denging telinga