Amankah Berhubungan Seks Saat Hamil?

bolehkah%20ibu%20hamil%20berhubungan%20intim%20setiap%20hari Amankah Berhubungan Seks Saat Hamil? Family Health Tips Kesehatan Woman

Pada kehamilan yang aman, hubungan seksual dengan suami atau pasangan seharusnya juga aman. Biasanya ada alasan untuk kekhawatiran; Namun, yang terbaik adalah selalu untuk berkonsultasi dengan dokter, jika baik-baik saja untuk terus melakukan kegiatan seksual sampai usia kehamilan tertentu. Ini adalah untuk kehamilan normal, bukan untuk kehamilan berisiko tinggi.

Biasanya pada masa kehamilan, wanita sering merasa mual, di ikuti dengan frekuensi buang air kecil yang cukup sering,dan  payudara yang mudah terasa sakit bila di sentuh.Hal tersebut dapat menyebabkan dorongan seksual menurun.

Kemudian wanita akan merasa cepatlelah. Setiap kenaikan aktivitas fisik seperti seks dapat menguras tenaga terutama jika wanita masih harus melakukan pekerjaan pada siang hari. Jika wanita terlalu lelah, bisa membahayakan kehamilan. Biasanya kegiatan seksual tidak akan menyebabkan seorang wanita mengalami keguguran, kecuali lelah secara fisik, atau mengalami perdarahan dan kram.

Seks selama trimester terakhir mungkin (akan terasa) sulit. Dorongan seksual sangat dibatasi karena perubahan hormonal, wanita iakan mudah lelah karena berat janin, dan gerakan tubuh saat bercinta bisa menjadi melelahkan dan wanita mungkin hanya ingin menghindari semua kegiatan seksual.

Kehamilan berisiko tinggi adalah wanita yang sedang hamil namun memiliki riwayat keguguran, plasenta previa, perdarahan vagina, atau wanita yang membawa lebih dari satu janin seperti kembar, kembar tiga, dan lainnya.

Baca juga:   Tips Untuk Kesehatan Yang Baik

Untuk kehamilan berisiko tinggi, dokter bias saja memberi saran pasangan untuk melanjutkan kegiatan seksual, tapi kebanyakan tidak akan menganjurkan itu terutama jika ada perdarahan yangterjadi. Dalam kebanyakan kasus, perempuan bahkan tidak diperbolehkan untuk lelah, olahraga, menggerakan diri dengan cara apapun secara fisik, beberapa wanita bahkan diperintahkan istirahat Total – secara harfiah wanita tidak diizinkan untuk turun dari tempat tidur dan harus tetap dalam kondisi stabil sampai hari kelahiran anak. Hal ini  dapat menyebabkan keguguran, pada waktu tertentu.

Satu-satunya saran yang dapat diberikan untuk beberapa pasangan, terutama laki-laki, adalah untuk mempertimbangkan bagaimana wanita merasakan kegiatan seksual saat pasangan hamil. Tidak setiap hari wanita yang hamil merasakan lelah; ada hari-hari ketika mereka bisa terangsang dengan sangat mudah. Sebaiknya terbuka satu sama lain dan berbicara tentang manfaat bercinta dengan pasangan. Ingat, pasangan yang mengerti adalah kekasih yang baik, apakah sedang hamil atau tidak.