Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil

Akibat%20Sering%20Menahan%20Buang%20Air%20Kecil Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil Health Life Tips Kesehatan “Mari kita lomba menahan kencing!”

“Tahan dulu kencingnya, sedikit lagi sampai!”

Kutipan ini bukan sesuatu yang tidak biasa. Banyak remaja berpikir bahwa mampu menahan kencing dalam waktu yang lama adalah sesuatu yang keren.

Beberapa orang dewasa tidak membiarkan anak-anak mereka untuk pergi ke toilet di perjalanan mobil mereka. Beberapa orang tua bahkan menghukum anak-anak mereka untuk buang air kecil terlalu sering.

Banyak orang mengalami rasa sakit yang menusuk di perut mereka setelah menahan kencing untuk beberapa waktu. Beberapa orang tidak dapat buang air kecil tidak peduli seberapa keras mereka mencobanya dan bagaimana paniknya mereka setelah menahan kencing berkepanjangan. Mereka mungkin di toilet selama beberapa menit dengan tergesa-gesa. Mereka yang beruntung bisa mengeluarkan kencing  setelah setengah jam tetapi ada orang-orang yang muntah dan harus pergi ke rumah sakit.

Menahan kencing pasti berbahaya untuk waktu yang lama. Kita mungkin hanya merasakan sakit pada awalnya, tetapi setelah beberapa saat itu akan benar-benar tidak nyaman dan akhirnya mempengaruhi sistem ekskresi. Buang air kecil secara teratur membantu untuk menjaga saluran kemih tetap steril dari bakteri. Selain itu, menahan kencing juga membuat otot sphincter dalam mode ketat untuk waktu yang lama yang menyebabkan ia mengalami kesulitan dalam kembali ke modus bersantai ketika saatnya untuk buang air kecil. Dengan demikian, kandung kemih tidak kosong sepenuhnya . Hal ini sama seperti kram otot betis saat berjalan, berenang atau melakukan latihan lainnya. Kita tidak dapat melanjutkan aktivitas ketika mengalami kram.

Baca juga:   8 Pola Hidup Sehat Agar Jauh dari Penyakit

Orang yang sering menunda ke kamar kecil lebih mungkin untuk mengembangkan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Hal ini terutama disebabkan oleh akumulasi bakteri dalam kandung kemih. Ada beberapa jenis Infeksi Saluran Kemih (ISK) seperti cystitis (infeksi kandung kemih) dan jenis lain yang lebih serius: Pielonefritis (infeksi ginjal). Selain itu, menahan kencing terlalu sering juga akan menyebabkan Gagal Ginjal Akut yang merupakan cepat hilangnya fungsi ginjal akibat kerusakan pada ginjal, akumulasi urea dan bakteri yang biasanya diekskresikan oleh ginjal. Gagal Ginjal Akut adalah penyakit serius dan diperlakukan sebagai darurat medis, yang dapat disebabkan oleh kebiasaan menahan kencing.

Kita harus berkonsultasi dokter ketika menghadapi kesulitan buang air kecil. Namun demikian, pencegahan terbaik adalah tetap untuk menghindari menahan kencing.