tips cara bertwitter yang benar

SHARE:

Reply, ReTweet & Direct Message   Mungkin situs Twitter sudah mulai tidak asing lagi di telinga anda, dengan perkembangan tekno...

Reply, ReTweet & Direct Message

 

Mungkin situs Twitter sudah mulai tidak asing lagi di telinga anda, dengan perkembangan teknologi yang ada seperti hadirnya BlackBerry, iPhone dengan fasilitas internet tanpa batas membuat masyarakat Indonesia sedikit lebih melek terhadap teknologi dan perkembangan dunia. Tapi kalau tidak siap dengan perkembangan teknologi yang ada, hal seperti dibawah inilah yang akan terjadi.
Satu-satunya alasan kenapa saya membuat entry ini karena jujur saja saya (yang awalnya tidak) mulai terganggu dengan aktifitas beberapa orang yang entah tidak mengerti, tidak peduli atau biar dibilang sok eksis di twitter dengan penggunaan fitur re-tweet/RT untuk REPLY. Mempertahankan eksistensi merupakan salah satu hal lumrah dan suatu bentuk pertahanan manusia terhadap keberadaannya di dunia, tetapi akan lebih baik jika eksistensinya disertai dengan tanggung jawab. Saya follow anda karena saya KENAL atau anda adalah artis ibukota favorit saya, tapi kalau anda seorang RT abuser…maaf ya kalau saya unfollow anda.
Tolong dong kalau tidak mengerti cara ngetweet yang BAIK dan BENAR, baca tutorialnya di bagian help di TWITTER atau baca di official THE ART OF RE-TWEETING IN TWITTER nya Mashable. Jujur saja, dulu saya pun salah paham dengan penggunaan RT ini, tetapi saya mencoba untuk mencari informasi tentang bagaimana menggunakan Twitter dengan BAIK dan BENAR. Please guys, dont be such an ignorant, i dont need & dont want to read unnecessary updates from you. Kalo mau chat jgn di twitter & jangan pake RT (re-tweet), tolong pake fasilitas messenger yang udah ada, seperti Yahoo Messenger, MSN messenger, BlackBerry Messenger (khusus untuk pengguna BlackBerry), eBuddy, atau bahkan lewat SMS!!
Apakah TWITTER itu?
Twitter adalah media jejaring sosial dengan format micro-blogging (tapi sering diSALAHgunakan sehingga tidak ada bedanya dengan messenger, krn banyak pengguna yang chatting disitu..pake retweet pula!) yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan agar tetap terhubung melalui pertukaran informasi yang cepat. Pengguna hanya perlu menuliskan update pendek yang disebut juga sebagai “tweets” yang terdiri dari maksimal 140 karakter. Update yang ditulis akan muncul di profil atau blog anda dan akan terbaca oleh semua follower (pengikut) anda serta akan dapat ditemukan melalui fitur Twitter search.

Emang beda yah antara REPLY & RE-TWEET?
JELAS BEDA!
Kita bahas dari akar kata REPLY & RE-Tweet ya? Menurut Dictionary.com, reply adalah
to make answer in words or writing; answer; respond: to reply to a question.
to respond by some action, performance, etc.: to reply to the enemy’s fire.

Kalo, RT atau Re-Tweet menurut Wikipedia adalah
to re-post something posted by another user, usually preceded with “RT” and “@username” to give credit to original poster.

Jelas terlihat kan bedanya? reply itu fungsinya untuk menjawab, sedangkan re-tweet itu fungsinya untuk mengepost ulang tweet orang lain. Dengan catatan, tweet yang akan di re-post itu berisi informasi yang penting untuk diketahui follower anda!
Fungsinya mirip dengan e-mail, kalau anda ingin menjawab e-mail dari orang lain, anda pakai fitur REPLY kan? Memangnya kalau mau menyebarkan e-mail, anda  memakai fitur REPLY? Ga kaan?? Tapi pakai fitur FORWARD kan? Nah..fitur FORWARD itu sama dengan fitur ReTweet!
Jadi please, jangan me-repost isi chat anda dengan teman anda karena bisa terbaca oleh semua follower anda! Bahaya kan kalo misalnya anda sedang membicarakan hal negatif ttg orang lain (yang anda pikir dia atau teman dekatnya tidak tahu krn usernamenya tidak dimasukkan dalam retweet anda) padahal org tersebut merupakan follower anda? Kecuali anda memang sengaja ingin pamer (hahahaha :p). Lebih baik pakai REPLY atau DM (Direct Message).
Hal lain yg perlu diketahui adalah sebenarnya Twitter belum menyediakan fasilitas RT karena masih dalam tahap perkembangan. Fasilitas RT biasanya disediakan oleh client twitter baik untuk desktop atau mobile phones. Twitter’s third party seperti Tweetdeck (untuk pc/mac), Tweetie (untuk iPhone/iPod Touch) atau MobileTweete & Dabr (untuk mobile phones) merupakan contoh-contoh client yang menyediakan fitur RT untuk memudahkan penggunanya me-retweet.
Tetapiiii…banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya apapun yang anda tulis sebelum @username itu sudah termasuk retweet tanpa harus menulis/terdapat tulisan RT @username. Penulisan RT dipopulerkan oleh user dengan alasan demi kemudahan & menghemat karakter dan berfungsi sebagai pemberitahuan bahwa mereka mengepost ulang tweet orang lain. Atau mungkin anda sering melihat tulisan (via @username) itu juga sama fungsinya dengan RT.
Contoh penggunaan RT yg TEPAT:


retweet yg BENAR
retweet yg BENAR


Contoh RT yg diSALAHgunakan untuk REPLY (maaf bagi yg merasa tweetnya saya post disini…LOL):


RT yg salah
RT yg salah


Contoh REPLY yg TEPAT:


reply yg TEPAT
reply yg TEPAT
Kalau anda me-reply, maka yg bisa membaca update anda hanya orang-orang yang menjadi follower anda & orang yg anda reply. Misalnya anda me-reply si A, maka update ini akan muncul di halaman updatesnya si B jika si B juga merupakan follower si A. Tetapi jika si B bukan follower A, maka reply anda ke si A tidak akan muncul di halaman updatesnya si B.
Kembali ke re-tweet, bedanya dengan reply adalah ketika anda melakukan re-tweet atau sebagai reply dengan menuliskan apapun di depan @username, maka update yang baru saja anda tuliskan akan muncul di halaman updates follower anda, tidak peduli apakah follower anda juga merupakan follower orang yang anda retweet/reply atau tidak. Selain itu, sebaiknya ketika menggunakan RT, cantumkan username orang yang anda RT, setidaknya sebagai bentuk penghargaan terhadap mereka yang merupakan poster aslinya.
Oiya kalau DM atau Direct Message, seperti namanya…yaa untuk mengirim pesan langsung ke pengguna lain & tidak akan muncul di public timeline anda atau di halaman updates follower anda. Dengan kata lain, DM bersifat pribadi. Hanya anda, orang yang anda kirimkan pesan & TUHAN yang mengetahui isinya! LOL. Satu hal lagi, DM hanya bisa dilakukan jika keduanya saling  follow, contohnya adalah anda merupakan follower si A & sebaliknya (si A juga merupakan follower anda)
Inilah yg akan terjadi kalau orang-orang yg saya follow chatting di twitter pakai fitur RT, ketika saya merefresh updates melalui salah satu aplikasi twitter di iPhone .. yg saya dapat hanya pesan ERROR krn updates yg saya terima lebih dari 150 tweets per jam!! Walaupun bisa diubah karena jumlah maksimalnya adalah 200 updates/jam, tapi kayaknya tidak akan berpengaruh banyak…pasti lebih dari 200 updates yg saya terima per jamnya kalo mereka tetap menjadi RT abusersRing a bell?





twitter server error
twitter server error
Semoga tidak ada yang merasa dilecehkan di dalam blog saya ini, postingan ini dibuat bukan untuk sok-sok an tetapi semata-mata untuk meluruskan atau menjawab pertanyaan teman-teman semua tentang perbedaan REPLY, RETWEET & DIRECT MESSAGE. Keledai saja tidak akan jatuh 2x ke dalam lubang yang sama, masa kita yang (katanya) lebih pintar dari keledai bisa jatuh ke lubang yang sama berkali-kali? LOL.

COMMENTS

Cloud Hosting Indonesia Murah Dewaweb
Name

Andrie Wongso,1,Aplikasi,2,Blacberry,23,Cerita Inspirasi,1,Cerita Misteri,3,CURHANTANKU,11,Elex Yo Ben,8,Event Music,7,Featured,11,Free Download,23,Gambar Motivasi,1,Gosip artis,5,Hari Raya islam 2017,2,idul fitri 1438H,1,Indie Band,5,Info Band,3,INFO MUSIK,5,Informatika,2,islami,5,Jakarta Rock Parade,3,Jangan Berhenti Bergerak,12,kartu ucapan lebaran,3,Kata Bijak,11,kata bijak islam,4,kata bijak kehidupan,14,kata bijak mario teguh,1,kata bijak motivasi,11,kata bijak semangat,6,kata bijak semangat kerja,2,kata bijak waktu,1,Kata Inspirasi,9,kata kata mutiara,6,kata maaf bulan ramadhan untuk teman,1,Kata Motivasi,11,kata motivasi diri,9,Kata Mutiara,5,kata mutiara puasa,2,kata ucapan,2,Kata-Kata Motivasi,13,kata-kata motivasi diri,4,Kisah Inspiratif,40,LIRIK LAGU,1,Malware,1,manajemen diri,2,Mario Teguh,1,Motivasi,38,motivasi belajar,1,Motivasi dan Inspirasi,4,Motivasi Diri,11,motivasi diri sendiri,2,motivasi kerja,1,Music Recording,1,NEWS,8,persahabatan,1,Puasa Ramadhan,2,Ransomware,4,renungan,1,Rifart,1,sms bahasa jawa,1,Soundrenaline,3,Tips dan Trik,13,Tips Facebook,4,Tokoh,1,Twitter,1,ucapan lebaran,2,Underground,1,UrbanQuotes,10,Video Motivasi,8,virus,2,VLog,23,Wannacry,3,WannaCrypt,1,
ltr
item
Urbanoir: tips cara bertwitter yang benar
tips cara bertwitter yang benar
http://1.bp.blogspot.com/_Dsm4njiORzI/Srw5n7DbpMI/AAAAAAAAAP8/mjF1uSZb1eU/s320/twitter-button.png
http://1.bp.blogspot.com/_Dsm4njiORzI/Srw5n7DbpMI/AAAAAAAAAP8/mjF1uSZb1eU/s72-c/twitter-button.png
Urbanoir
http://www.urbanoir.net/2009/09/tips-bertwitter-yang-benar.html
http://www.urbanoir.net/
http://www.urbanoir.net/
http://www.urbanoir.net/2009/09/tips-bertwitter-yang-benar.html
true
5017267657891880546
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy